Sabtu, 18 Desember 2010

25 DESEMBER BUKAN TANGGAL KELAHIRAN YESUS

Ini adalah Bulan Desember, dimana tanggal 25 nya diimani oleh sebagian besar kaum nasrani sebagai tanggal kelahiran Yesus, seorang anak manusia yang dipertuhan oleh mereka. Sungguh mengherankan, sebagaimana penuhanannya yang ditetapkan tanpa dasar, demikian pula tentang tanggal kelahirannya. sebagian kaum nasrani tak peduli, sebagian tidak tahu dan sebagian yang lainnya menerima dengan menelan mentah-mentah keyakinan itu sebagai warisan dari kepercayaan gereja dan orang tuanya.

Kalau orang sedikit saja mau menengok injil tentu mereka akan mendapat gambaran bagaimana keadaan ketika Yesus dari Nazaret dilahirkan. Lukas 2: 8 menggambarkan kelahiran Yesus adalah masa di mana para gembala di yerusalem sedang menggembalakan ternak di ladang pada waktu malam. Patut diperhatikan di sini bahwa penambahan kata "Malam " oleh injil sangatlah menarik, artinya, aktifitas "menggembalakan ternak dengan membiarkannya tinggal di ladang" tidak terjadi pada musim dingin yang membeku di waktu malam. sedangkan kita tahu Bulan Desember adalah musim dingin di daerah palestina. Apakah para penggembala itu bodoh dengan mempertaruhkan nyawa dan ternak mereka dengan membiarkan mereka dan ternak-ternak mereka berada di tengah-tengah ladang pada malam yang dingin membeku?.

Lalu, kalo bukan di bulan Desember, di bulan apakah Yesus dilahirkan. tentu jawabannya adalah bulan-bulan di mana musim panas sedang terjadi di daerah itu, yaitu sekitar bulan April-Mei, yang dalam penanggalan yahudi disebut Bulan "ELUL".

Menetapkan kelahiran Yesus pada 25 Desember erat kaitannya dengan "Dies Invicti Solis" Hari Matahari yang tak terkalahkan, suatu upacara bangsa pagan purba penyembah berhala (Matahari) yang hidup di Eropa. Nampaknya untuk menarik simpati bangsa Pagan penyembah matahari itu para penyebar injil telah mengkompromikan keyakinan dengan mereka, salah satunya adalah dengan menyamakan hari kelahiran yesus dengan hari kelahiran dewa mataharinya bangsa Pagan Eropa purba itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar